Rabu, 31 Oktober 2007

KRISTEN BUKAN AGAMA

Beberapa waktu lalu saya berbincang-bincang dengan seorang dari keluarga saya mengenai Politik termasuk calon kuat Gubenur Jawa Timur mendatang, karena ia merupakan tim sukses sukarela dari seorang calon gubenur tersebut. Ketika kita lama berbincang masalah politik, kita mengarah pada hal agama, ia mengenal ketua MUI Jatim dan menawarkan kepada saya jika saya ingin mendirikan gereja gampang karena ia mengenal ketua MUI Jatim tersebut (tapi enggak lah…hehehe) lalu satu pernyataan keluar dari beliau yang mengatakan bahwa semua agama itu sama. Dan saya mengatakan IYA memang sama. Bagaimana menurut anda? Mungkin anda tidak setuju dengan pernyatan saya, karena pasti muncul pernyataan bahwa bagaimana dengan agama Kristen? Mestinya beda kan? Tenang dulu sobat….
Banyak yang mengatakan Kristen adalah agama, padahal salah! Kristen bukan agama tetapi Kristen adalah gaya hidup Allah yang kita jalani bersama Tuhan. Agama memiliki cirri-ciri sebagai berikut : Ia punya pemimpin spiritual berupa nabi (manusia) tetapi kekristenan berpusat kepada Kristus yaitu Tuhan, agama memiliki tempat ibadah tetapi sesungguhnya Kristen menurut Kisah Rasul 4 tidak memiliki tempat ibadah karena dirumah-rumahpun kita bisa beribadah, agama selalu mengatur jam-jam berhubungan dengan tuhannya tetapi Kristen tidak terbatas tempat, ruang, waktu atau keadaan karena di WC pun kita tetap bisa nyembah Tuhan, agama punya praturan berupa adat istiadat yang mengikat tetapi Kekristenan hanya bersumber pada Firman Tuhan yang hanya memberikan kebebasan untuk memilih apa yang baik, berkenan kepada Allah dan sempurna.
So, bukankah jawaban saya benar dengan mengatakan bahwa semua agama sama? Arena Kristen bukanlah agama karena Kristen BERBEDA! Bagaimana menurut anda?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

yes.... betul banget.