Selasa, 18 Agustus 2009

Kenali awan Hitam Anda : NUBUATAN vs TENUNG


Dulu waktu saya bersama dengan rekan-rekan seiman mulai bertumbuh dalam Tuhan, kita semua suka sekali dengan Hamba Tuhan ‘sakti’ terutama yang sukanya pelayanan nubuatan atau semacam kenabian. Kita paling suka dengan hal tersebut! Apalagi kalau kita sedang menghadapi persoalan dan menanti jawaban dari Tuhan dengan segera, dan kebetulan ada hamba Tuhan ‘sakti’, maka kita cepat2 menemuinya untuk minta didoakan dan menantikan jawaban dari Tuhan. Jadi nggak heran ibadah2 yang menghadirkan nabi2 Tuhan, selalu dipenuhi dengan pengunjung2 yang haus nubuatan.
Nggak salah dengan nabinya, nggak salah dengan karunianya, tetapi orang2 seperti saya lah yang menganggap nabi seperti dukun rohani, sehingga kita tidak lagi bertanya langsung dengan Tuhan tapi lewat nabi2Nya. Bahkan yang lebih ektreem, ada orang2 berduit yang ‘memelihara’ nabi untuk mendoakan dan member petunjuk untuk kehidupannya (kayak Mama Lauren..donk…hehehe). OK, sekarang kita akan bahas sedikit tentang nubuatan (ciri2nya) dan kawan hitamnya yaitu roh tenung.
Nubuatan, memiliki ciri2 sebagai berikut:
1. pesan Tuhan tidak selalu detail dan terperinci, namun lebih bersifat step by step. Ini merupakan Tujuan Tuhan agar kita terus mencari Dia dan berjalan dengan Dia. Bayangkan jika pesan Tuhan kita terima dengan rinci, maka kita cenderung mengabaikan isi hati Tuhan dibandingkan dengan nubuatanNya saja.
2. pesan Nubuatan dari Tuhan selalu memberikan damai sejahtera dan bukan ketakutan. Seburuk apapun kejadian yang akan kita alami, dalam nubuatan selalu memberikan solusi dan damai sejahtera. Sebab Tuhan berkata bahwa Dia merupakan sumber damai sejahtera dan ketakutan merupakan bagian setan.
3. nubuatan tidak bersifat mengikat kita sehingga kita terpaku olehnya, maksudnya, nubuatan yang kita terima ada syarat dan ketentuannya. Ketika kita dinubuatkan menjadi pendeta yang diurapi, maka syaratnya haruslah kita belajar firman lebih lagi dan menyiapkan diri kita kearah sana. Jika kita tidak menyiapkan diri kesana, maka percayalah bahwa nubuatan itu tidak akan terjadi.
Sedangkan Tenung memiliki ciri2:
1. bersifat mengikat kita, ketika kita mengiyakannya, maka apapun yang kita lakukan selalu arahnya berdasar ramal/ tenung tersebut. Ini disebabkan karena ketika kita meng-iya-kannya, maka roh tenung tersebut mengerjar dan mengikat hidup kita.
2. roh tenung selalu mengikat kita untuk terus bertanya kepadanya (ketagihan). Beda dengan nubuatan asli, kalau nubuatan akan membawa kita lebih dekat dengan Tuhan. Sedang tenung membawa kita lebih dekat kepada setannya.
3. tenung/ ramal ini memberikan efek ketakutan dalam hidup kita, tujuannya adalah agar kita melakukan syarat yang dia mau. Misal kalau kita kedukun, dan dukun mengatakan bahwa kita akan celaka. Maka reaksi kita ialah mengalami ketakutan yang berasal dari setan dan kita akan menawarkan diri untuk memberikan syaratnya kepada dukun tersebut. Seperti, menyembelih ayam hitam, membuat sajen, dsb.
4. roh tenung bersifat sangat detail dan benar. Jangan anda pikir roh tenung ini bohong, itu benar! Dan mengapa banyak orang Kristen suka terikat dengan ini? Karena bersifat detail dan terperinci dan itu memang yang benar2 kita alami. Mengapa bisa? Karena roh tenung bertugas untuk mengawasi dan mencatat apapun yang kita alami baik masa kita kecil sampai sekarang. Tetapi sekalipun yang dikatakan roh ini benar, alkitab berkata bahwa jalan yang disangka lebar toh ujungnya maut. Dan biasanya roh tenung ini bersifat memalukan kita sebab dia menyatakan keburukan2 kita, sedang nubuatan sifatnya membangun dan tidak membuat kita malu. GBU

1 komentar:

Jaya mengatakan...

bro nulis ini berdasarkan suara Tuhan atau dr pengalaman dan pengamatan selama jd org percaya..tx