Selasa, 02 Maret 2010

PENJANGKAUAN


PENJANGKAUAN KE LUARPenginjilan-----------Mengadakan bermacam-macam kegiatan akan memungkinkan gerejamengadakan penjangkauan ke dunia luar yang terhilang dan yang sedangmembutuhkan. Kegiatan ini juga harus dapat menjangkau mereka yangbiasa datang tiap minggu. Kegiatan-kegiatan yang mungkin dapat dilakukan meliputi: kegiatanolahraga, sosial, piknik bersama, kumpul bersama, kelompok besuk,dan workshop-workshop khusus. Perhatian dan kasihharus selalu ditampilkan sebagai unsur utama.

Pelayanan---------Kata "minister" mempunyai arti "melayani". Tidak ada orang yangdapat melayani dalam nama Kristus jika tidak secara aktif terlibatdalam pelayanan kebutuhan orang lain. Kegiatan pelayanan dimanasebuah organisasi pelayanan dapat menjadi sponsor misalnya adalah:mengunjungi rumah sakit, program kakak asuh bagi anak-anakterlantar, men-support anak-anak di negara dunia ketiga lewatlembaga-lembaga pelayanan, membantu sebuah institusi pelayananmasyarakat dalam kota selama sehari dalam sebulan, membantupelayanan bagi orang cacat, mempromosikan program misi jangka pendekke luar negeri, atau menolong jemaat gereja yang membutuhkan selamasehari penuh.PENJANGKAUAN KE DALAMMengajar--------Titik berat pengajaran dalam sebuah pelayanan harus seimbang danterfokus pada masalah-masalah yang praktis dan merakyat. Aktivitas-aktivitas yang mendukung untuk kegiatan mengajar meliputi seminardan konferensi-konferensi, kelompok-kelompok kecil, retret, dankelompok pemuridan.

Membangun Komunitas-------------------Kaum muda membutuhkan rasa saling memiliki. Pemuda Kristen inginmempunyai perasaan memiliki terhadap gereja mereka. Akan sulit bagigereja memotivasi para kaum muda jika mereka belum merasa diakuikeberadaannya atau selama gereja belum berusaha barang sedikit sajauntuk menjangkau mereka. Membangun suasana sebagai suatu komunitasdapat diciptakan dengan mengadakan acara-acara sosialisasi istimewabagi anak-anak muda, mengadakan pertemuan-pertemuan kelompok kecil,mengundang pembicara khusus ntuk anak muda, mengadakan retret akhirminggu, atau mengadakan acara besar seperti konser.


Penyembahan-----------Orang percaya menikmati penyembahan mereka kepada sang Pencipta.Orang-orang dengan minat yang sama ini akan menikmati penyembahanmereka kepada Tuhan dalam cara yang bermiripan. Untuk alasan inilah,pertemuan sepulang kebaktian sore yang dikenal dengan nama"afterglows", menjadi populer di kalangan kelompok kaum mudaAmerika. Kelompok kaum muda di seluruh Amerika menikmati pemakaianmusik-musik kontemporer dalam pertemuan penyembahan mereka. Masihbanyak yang dapat dilakukan untuk membuat pengalaman penyembahanpemuda yang lebih kreatif dan pribadi dalam acara seperti camp,retret, dan kelompok-kelompok kecil.


Konseling---------Berdasarkan hasil penelitian, hanya sedikit muda-mudi Kristen yangakan pergi ke konselor profesional jika mereka membutuhkan bantuan.Mayoritas dari mereka memilih berkonsultasi dengan teman dankeluarganya. Untuk alasan itu, akan sangat membantu jika pemimpinpemuda menawarkan beberapa bentuk pelatihan konseling. Akan membantu juga jika dihadirkan seorang
Konselor profesional untuk membawakansatu seri seminar tentang topik pembuka hal-hal seputar konseling.Satu seri lagi pelajaran mengenai masalah-masalah penting yangdihadapi anak-anak muda akan sangat bermanfaat, mungkin juga dapatditambah dengan sesi konseling dalam kelompok kecil untuk muda-mudiitu yang dibawakan oleh seorang konselor profesional.


Pelatihan Kepemimpinan----------------------Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pelayanan untuk anak mudaharus diusahakan secara tim. Mereka akan senang jika mereka merasamempunyai semacam andil dalam merencanakan program-program mereka.Semakin banyak masukan yang Anda dapatkan dari mereka, akan semakinsukses pula program-program Anda. Untuk melakukan hal ini, adalahpenting untuk mengadakan semacam pelatihan kepemimpinan. Dewanpemimpin yang terlibat dalam pengambilan keputusan dalam kelompok,dan yang akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan keputusan yangdiambil tersebut harus mendapat pelatihan yang berkualitas untukmelaksanakan tugas mereka. Pelatihan ini dapat dilakukan dalambentuk retret kepemimpinan tahunan, konferensi pelatihan spesial,seminar, dan sesi tanya jawab kelompok atau orang-perorang denganpemimpin kelompok muda-mudi. * Amelia

1 komentar:

Love Community mengatakan...

Perkenalkan nama saya Daud Ariyanto dari kota Pekalongan Jawa Tengah. saya sudah dari tahun 2006 melayani pelayanan penjangkauan anak muda.

komentar saya :
Metode penjangkauan yang anda lakukan itu sangat bagus.. da aku setuju. akan tetapi penjangkauan tidak hanya menjangkau orang2 kristen saja tapi juga harus menjangkaubayak jiwa2 yg belum mengenal Tuhan Yesus. karena di luar sana banyak sekali anak2 muda yg kehilangan harapan bahkan sampai ada yg bunuh diri,

Maka dari itu bergeraklah keluar.. jangan hanya di dalam gereja saja, karena mereka butuk kasi yg nyata. aku punya kesaksian dari 2 orang anak yg saya jangkau lewat facebook.

Anda bisa add ariyanto_graciamusic@yahoo.com
silahkan anda lihat dan baca kesaksian mereka. thanks...