Rabu, 15 Oktober 2008

JESUS : KING OF ENTERTAINMENT


Dunia entertainment memang identik dengan dunia glamor, dimana ada pesta, music, tarian, dan serba party lah. Dunia
dimana kita hidupi saat inipun juga sangat identik dengan dunia entertainment atau hiburan. Bahkan acara-acara televisipun juga sangat care dengan entertainment yang bisa menyedot dana milyaran rupiah dari hasil iklan program acara. Bahkan kalau kita melihat saat ini, banyak gereja yang menggabungkan antara ibadah dengan entertainment untuk menjangkau dunia. Lihat saja setting dekorasi ibadah di beberapa gereja modern saat ini, yang penuh dengan lampu2 berwarna warni, efek cahaya, efek asap, dan masih banyak lagi yang bernuansa pesta. Apakah salah? Tidak! Kalau kita mempelajari alkitab kita akan menemukan bahwa habitat Asli dari Tuhan kita ialah di Surga, dan di surge tidak ada tangisan dan air mata tetapi yang ada ialah sukacita dari Tuhan. Sangat lumrah jika kita sebagai gereja Tuhan menyukai dunia entertainment karena Tuhanpun merupakan King of Entertainment. Kita akan melihat beberapa kenyataan dari kehidupan Tuhan kita yang erat kaitannya dengan dunia entertainment :
MUJIZAT PERTAMA DI PESTA KANA
Mengapa mujizat pertama kali yang dibuat Yesustidak ditempat perkabungan? Mengapa tidak menyembuhkan orang sakit dan menderita? Mengapa mujizat pertama malahan dilakukan di tempat pesta yang berisi dengan orang-orang yang bersukacita dan bisa dikatakan dunianya entertainment? Karena memang habitat asli Tuhan ialag Surga yang berisi dengan sukacita.dalam pesta yang seharusnya akan terjadi kekurangan anggur, tetapi berkat kehadiran Yesus, maka pesta tetap berlangsung dan mengundang pujian beberapa pihak karena anggur yang terbaik yang dibuat Yesus memberkati banyak orang.
Dalam dunia entertainment pun kita harus bsa menjadi berkat, mungkin bakat kita di modeling, penyanyi, actor / aktris, dan masih banyak lagi termasuk pemain band, itu merupakan lading kita untuk menjangkau dunia entertainment. Tuhan telah menyerahkan area tersebut untuk kita kelola untuk kemuliaan nama Tuhan dan menghadirkan Kristus bagi banyak orang.
PERUMPAMAAN KEDATANGAN
YESUS DENGAN PESTA RAJA
Beberapa perumpamaan penting tentang kedatangan Yesus dalam perjanjian baru diumpamakan seperti sebuah pesta raja. Dimana setiap orang penting dan kaya diundang, namun ternyata mereka menolak dengan beberapa alas an sehingga sang raja memerintahkan untuk mengundang gembel pinggir jalan dan orang-orang yang terlantar untuk mengikuti pesta tersebut, bahkan sang raja membagikan pakaian kepada undangan untuk masuk dalam ruangan pesta.
Bahkan Yesus pernah berkata bahwa jika satu orang bertobat maka seluruh surga akan bersorak sorai, bukankah itu pertanda sebuah pesta? Ada sukacita, sorak sorai, kegembiraan yang tak terbayangkan dan ekspresi lainnya.
KITAB WAHYU: PESTA ANAK DOMBA
Di kitab paling akhir alkitab kitapun, Tuhan menggambarkan apa yang terjadi pada saat penganggkatan orang-orang kudus di akhir jaman, Tuhan mengadakan pesta anak domba dan kita semua bertemu diawan-awan dalam sebuah pesta besar kemenangan dan kedatangan Tuhan.
Jika Yesus saja menyukai entertainment, bukankah itu artinya bahwa Tuhan juga memberikan mandate kepada kita untuk menjadi garam dan terang didunia entertainment? Banyak artis dan penyanyi yang juga anak Tuhan menjadi berkat dalam kehidupannya, seperti Ruth Sahanaya, Ari Wibowo, Nafa & Zacklie, Jupiter, Agnes Monika, dan masih banyak lagi artis-artis yang berprestasi yang mewarnai dunia entertainment di Indonesia. Bahkan didunia internasional seperti Oprah Winfre, Bono U2, dan beberapa artis dunia lainnya telah menjadi berkat bagi seluruh manusia.
Saya sangat bersyukur punya teman-teman yang sedang menjalankan mandate budaya di dunia entertaint diantaranya Roro yang menjadi penyiar radio Sahabat Kehidupan di madiun, Dessy yang juga menjadi art design dan penyiar di Radio Nafiri Surabaya, Efrata yang menjadi piƱata rias di sebuah stasiun TV Nusantara di Jakarta, Sigit yang juga mendirikan studio foto Caelis di Surabaya, dan beberapa orang lainnya yang sedang menjalankan mandate budaya dalam kehidupan mereka.
Inilah saatnya bagi kita untuk kembali pada perintah dan amanat agung Yesus untuk menjadikan semua bangsa murid Kristus dan menjangkau dunia dimana kita telah ditempatkan oleh Tuhan untuk menjadi berkat didalamnya. Percayalah bahwa Tuhan ialah satu-satunya King of Entertainment yang membawa perubahan, harapan dan kebahagian bagi seluruh umat manusia. Siapkah kita untuk mewarnai dunia? *Hendri

Tidak ada komentar: