Jumat, 04 Januari 2008

10 LANGKAH TEPAT GANTI PROFESI


“Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.” (Filipi 2:13)Apakah Anda ingin menekuni karier yang sama sekali baru? Jika ya, luangkan waktu untuk mengevaluasi situasi dan kondisi Anda saat ini. Pelajari peluang karier. Pilihlah karier yang memuaskan Anda. Karena ketika Anda mencintai pekerjaan Anda, Anda pasti bahagia dan mencintai kehidupan Anda. Ingat, pekerjaan kita mencerminkan siapa diri kita. Pekerjaan kita adalah panggilan Tuhan (Filipi 2:13). Edwin Louise Cole dalam bukunya Strong Men in Tough Times menyatakan: “Men know that some things are more important than life itself!”. Berikut ini adalah sepuluh langkah sukses untuk berganti karier.

1 EVALUASI KEPUASAN KERJA ANDA SAAT INI

Buatlah catatan kerja harian. Catatan ini bermanfaat untuk menganalisa situasi kerja. Nilailah reaksi Anda terhadap kejadian-kejadian yang terjadi berulang kali dalam hari-hari kerja. Apa yang Anda sukai dan tidak Anda sukai? Apakah ketidakpuasan Anda berhubungan dengan kegiatan kerja Anda sehari-hari? Cocokkah Anda dengan budaya perusahaan? Bagaimana hubungan Anda dengan teman sekerja?David Oliver dalam bukunya Love Work Live Life! (Penerbit Buku Rohani ANDI, 2006) menyatakan; “Pekerjaan: penjara atau jalan hidup? Hal tersebut tergantung pada apa yang Anda yakini.” Jawaban Anda menentukan apakah Anda memandang pekerjaan hanya sebagai sumber nafkah atau anugerah Tuhan sehingga Anda dapat mewujudkan karya nyata dalam kehidupan Anda.

2 PERKIRAKAN “NILAI” DAN KEAHLIAN ANDA

Tinjaulah kembali kesuksesan-kesuk-sesan Anda di masa lalu. Maka Anda akan dapat mengidentifikasi aktivitas yang Anda sukai dan kemampuan yang Anda miliki. Perhatikanlah minat Anda. Os Guiness dalam bukunya The Call menyatakan; “Besar kemungkinan minat (panggilan) menentukan arah karier Anda”. Ketahuilah juga seberapa besar bakat Anda dalam bidang yang ingin Anda kembangkan. Apakah bakat inti dan keahlian Anda tercurah pada karier Anda saat ini? Bila ya, artinya Anda sudah berjalan dalam arah yang benar.

3 MENCARI IDE DAN PELUANG BERBAGAI ALTERNATIF KARIER

Diskusikan bakat inti dan keahlian Anda dengan keluarga, teman, relasi bisnis, dan konselor Anda. Atau dengan siapa saja Anda dapat berbagi dan mendapatkan nasihat dan dukungan. Jangan lupa bertanya kepada Tuhan dan minta bimbingan Roh Kudus.

4 BUATLAH EVALUASI-PERBANDINGAN PENDAHULUAN

Ketahuilah sebanyak mungkin bidang-bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Pilihlah hanya sekelompok kecil dari bi-dang itu supaya Anda dapat mempersem-pit identifikasi target yang hendak Anda raih. Setelah mendapatkan satu atau dua bidang pekerjaan, perdalam pengetahuan Anda dalam bidang tersebut.

5 BACALAH SEMUA INFORMASI YANG BERKAITAN DENGAN BIDANG YANG ANDA MINATI

Cari dan bacalah informasi tentang bidang yang Anda minati. Sisihkan dana khusus, berhematlah kalau perlu, untuk mendapatkan informasinya seaktual mungkin. Langganan majalah, beli buku, sewa buku di perpustakaan, atau internet surfing. Sebisa mungkin bergaullah dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Bergabunglah dalam milis atau klub sehingga Anda dapat saling bertukar informasi.

6 BELAJARLAH DARI AHLINYA

Belajarlah dari orang yang telah berpengalaman di bidangnya. Bagi maha-siswa, aktivitas magang (apprenticeship) sangat bermanfaat karena memberikan gambaran pekerjaan dari bidang yang hendak ditekuni. Praktek kerja pastilah sangat jauh berbeda dengan teori yang didapat dari kuliah. Ikutilah seminar dan training yang diadakan oleh para ahli.

7 COBALAH DAHULU DENGAN MENJADI SUKARELAWAN

Carilah aktivitas yang berkaitan dengan minat Anda. Cobalah bergabung dan jadilah sukarelawan atau pekerja lepas (freelance) untuk menguji minat Anda.

8 DAPATKAN PENDIDIKAN YANG BERKAITAN DENGAN BIDANG YANG ANDA MINATI

Pendidikan akan menjadi jembatan untuk memahami bidang kerja Anda yang baru. Jika Anda bekerja, ambillah kursus malam. Gunakanlah waktu sehari-dua untuk mengikuti seminar atau training akhir pekan. Pertimbangkan juga kursus yang diadakan di kampus-kampus. Setelah mengenal contact person dari bidang yang Anda minati baik melalui media atau training yang Anda ikuti, keep contact! Keuntungannya adalah teman baru dan nasihat yang mereka berikan.

9 CARILAH BERAGAM CARA UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN-KEAHLIAN BARU

Mempelajari keahlian baru menuntun Anda menuju perubahan. Siapa tahu perubahan ini membawa Anda menuju karier baru. Jika perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan in-house training, ikutilah dengan antusias. Mintalah kepada perusahaan untuk memberi Anda kesempatan guna meningkatkan pendidikan dengan dana perusahaan. Hal-hal semacam ini akan mendukung karier Anda kelak. Gunakanlah biaya pribadi bila Anda tidak mendapat tunjangan pendidikan. Anggap saja Anda sedang berinvestasi. Keahlian menaikkan “nilai” Anda, bukan?

10 PERTIMBANGKAN PEKERJAAN ALTERNATIF

Perhatikan terlebih dahulu background pendidikan, keahlian, dan pengalaman Anda. Pertimbangkan apakah Anda masih bisa berkembang dalam bidang pekerjaan Anda sekarang ini dengan pengetahuan yang Anda miliki. Misalnya, Anda seorang programmer yang tidak berminat untuk melanjutkan pekerjaan sebagai pembuat program. Putarlah haluan dengan menjadi penjual software & komputer. Jika Anda manajer butik yang enggan dengan shift malam dan pekerjaan di akhir pekan, cobalah melamar di perusahaan garment dengan hari dan jam kerja tetap. (Ida Santosa : Majalah BAHANA)

Tidak ada komentar: