Kamis, 03 Januari 2008

ANTARA IMAN, HARAPAN DAN PEMAKSAAN KEHENDAK


“Thy will be done on earth as it is in heaven.... “~ The Lord’s Prayer


Tuhan yang memberi. Tuhan pula yang akan mengambil. Ajari kami Tuhan agar tetap percaya kalau kehendak-Mu adalah yang terbaik. Biarlah kehendak-Mu yang terjadi. Sekiranya Priscilla masih Engkau percayakan pada kami, maka kami akan mengasihinya tanpa syarat (unconditional love) dan akan mendidik dia sebaik-baiknya. Dia akan menjadi saksi kasih dan kemurahan hati-Mu di muka bumi ini. Namun bukan kehendak kami yang jadi. Kehendak-Mu-lah yang jadi. Terpujilah nama-Mu selamanya. Amin.
Doa sederhana dari hati yang tulus sebagaimana tertulis di atas adalah doa yang saya panjatkan berhari-hari lamanya menjelang operasi putri pertama kami, Priscilla Natali Winarto. Empat tahun kami menanti kehadiran seorang anak, dan ia lahir dalam keadaan prematur (34 minggu dengan berat badan 1,6 kg). Betapa kami sangat bersyukur dengan kelahirannya. Tidak hanya kami, begitu banyak saudara, sahabat, teman, dan kenalan yang bersukacita bersama kami. Saya masih ingat bagaimana saya kerepotan untuk membalas sekitar 700 pesan singkat (SMS) yang masuk ke handphone saya sampai-sampai handphone saya hang dan harus di-install ulang. Alhasil semuanya datanya ikut hilang.
Sukacita atas kehadiran anggota baru di keluarga kami rupanya diiringi juga dengan ujian berat. Hari berganti hari, Priscilla masih dirawat di inkubator RS. Santo Borromeus Bandung. Dia diinfus dan setiap hari disuntik beberapa kali. Dokter mengdiagnosis ia terkena pneumonia. Syukur puji Tuhan, berkat pengobatan yang intensif, ia sembuh. Kami punya kerinduan sekaligus harapan Priscilla bisa segera pulang, paling tidak tanggal 20 Januari 2006 atau sebulan setelah ia lahir.
Namun Tuhan berkehendak lain, lagi-lagi kami mengalami ujian. Priscilla didiagnosa menderita kelainan saluran pembuluh darah di dekat jantungnya. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah persistent ductus arteriousus (PDA) dan harus secepatnya dioperasi.
Ketika Priscilla berusia 37 hari, ia dilarikan dari RS. Santo Borromeus Bandung ke RS. Jantung Harapan Kita Jakarta dengan menggunakan ambulance. Ibu mertua dan istri saya, Maria Trifa Ermawati ikut dalam ambulans itu sedangkan saya, berserta ayah mertua serta seorang sahabat yang sudah seperti saudara mengikutinya dari belakang dengan kendaraan pribadi. Sambil menyetir mobil, saya terus berdoa dan berharap agar mukjizat terjadi atau ia bisa sembuh tanpa harus menjalani operasi.
Tapi, Tuhan berkehendak lain. Tanggal 30 Januari 2006 atau ketika ia berusia 41 hari ia harus menjalani operasi itu. Istri dan ibu mertua saya tak henti-hentinya meneteskan air mata ketika Priscilla dibawa masuk ke ruang operasi. Dokter Yusuf yang akan mengoperasi ketika berpapasan dengan kami sempat berkata, “Tolong dibantu dengan doa, Pa.”
Dengan jujur saya harus mengakui bahwa baru 3 jam sebelum operasi pada hari itu, saya bisa merelakan Priscilla ke dalam tangan kasih Tuhan. Pada saat itu saya kuatkan iman saya kalau kehendak Tuhan adalah yang terbaik. Apapun yang terjadi nanti tentu baik di mata Tuhan. Saya teringat firman-Nya: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan). Pada saat itu, saya tidak lagi ”ngotot” kalau Priscilla pasti sembuh sebab saya tidak bisa menebak-nebak rencana Tuhan. Lagipula, belum tentu Tuhan menghendaki ia sembuh. Lagi-lagi saya teringat firman Tuhan, ”Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku.” Satu yang saya tahu: kehendak Tuhan adalah yang terbaik meski itu belum tentu menyenangkan hati umat-Nya. Itulah sebabnya, saya pernah berbisik lembut di telinga Priscilla, ”Priscilla sayang, jika nanti Tuhan memanggilmu dalam proses operasi itu, ayah hanya bisa berkata, terima kasih Tuhan buat 41 hari bersamamu dan Priscilla sayang, sampai ketemu nanti di surga...”
Puji Tuhan, operasi berlangsung mulus. Seminggu kemudian, dia sudah diperbolehkan pulang. Artinya, tepat 48 hari ia berada di rumah sakit sejak hari kelahirannya. Selamat tinggal infus dan jarum suntik yang mengerikan bagi bayi dengan berat hanya 2,1 kg dan masih sangat mungil itu. Saya makin mengimani kalau Tuhan punya rencana besar bagi hidup Priscilla dan keluarga kami.
Kisah mengenai ketaatan dan kepasrahan kepada kehendak Tuhan juga saya dapatkan dari seorang sahabat. Dua tahun sejak pernikahan, keluarga ini dikaruniai seorang putra. Kebahagiaan bercampur kesedihan karena sang putra tercinta ini kemudian dipanggil pulang oleh Sang Pencipta tepat 41 hari kemudian. Ia mengalami kelainan pada bagian otak. Meski semua upaya terbaik telah dilakukan (al: tekun berdoa, berpuasa, operasi dan perawatan di rumah sakit) namun Tuhan berkehendak lain. ”Jalan Tuhan memang tak terselami,” katanya.
Dalam sebuah e-mail, sang ayah memberikan kesaksian imannya, ”Dokter berkata tidak ada harapan karena anak kami sudah masuk kategori ’lost case’. Kata dokter semua hanya buang waktu dan uang. Tapi kami percaya mukjizat Tuhan masih ada dan kami katakan kepada dokter kami hanya menunggu Tuhan melakukan mukjizat. Akhirnya Tuhan melakukan kehendak-Nya dan menjawab doa kami dengan kata TIDAK untuk kesembuhan putra kami. Tuhan penuh kasih buat kami. Dia menopang kami sehingga kami dapat melalui hari-hari kami dalam sukacita, sabar dan terus berharap.”
Ya, hidup memang penuh suka-duka. Ada pasang. Ada surut. Ada orang yang sungguh mencari Tuhan namun tidak sedikit yang datang kepada-Nya bukan dengan motif untuk mencari Dia namun mencari berkat-Nya (al: kesembuhan, berkat finansial dan hal lain yang dikehendaki hatinya).
Seorang sahabat yang baru saja menjalani operasi kanker payudara mengatakan, ”Saya terus mencari Tuhan dan berharap kesembuhan dari-Nya namun saya tidak mau memaksa Tuhan. Saya mengimani kalau kehendak-Nya adalah yang terbaik meski terkadang sangat sulit untuk bisa menerima hal tersebut dan bersuka-cita dalam penderitaan.” Bagaimana menurut Anda?[from : paulus winarto]

Tidak ada komentar: