Kamis, 03 Januari 2008

BELAJAR DARI SI BUTA


Pasti udah gak asing dong sama yang namanya Bartimeus? Yup! Dia adalah orang buta yang disembuhin sama Tuhan Yesus (baca Markus 10: 46-52 yah). Tapi GF!ers pernah gak sih ngamatin en belajar tentang karakternya Bartimeus itu? Mungkin seringkali tanpa sadar kita cenderung rendah orang-orang kayak dia karena punya kekurangan fisik. Belum lagi statusnya secara sosial-ekonomi, dia juga masuk ke golongan yang sekarang suka disebut kaum marginal. Tapi jangan salah lho, ternyata dia dianggap sama Tuhan! Dan kalo kisahnya sampe tercatat di alkitab, itu juga kan pasti bukan kebetulan. Berarti kita juga bisa belajar dari dia. Apa yang bisa kita teladani darinya? Ada 3 hal yang setidaknya bisa kita teladani dari si buta ini, yaitu:


1. Punya respon yang positif/baik

Lihat ayat 47 deh. Ketika Yesus masuk ke Yerikho dan Bartimeus denger tentang itu, Bartimeus mulai berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”. Bartimeus bisa berseru seperti itu karena dia juga udah sering denger nama yang luar biasa itu, kalo nggak, masa dia tiba-tiba aja, gak ada angin-gak ada hujan, langsung manggil nama Yesus yang belum pernah dia tau sebelumnya? Nah, di sini kita bisa liat Bartimeus tuh punya respon yang baik. Dia berseru pada Yesus! Kalo misalnya dia tuh orang yang responnya negatif, mau Yesus lewat 12 kali di depannya juga, bisa aja Bartimeus tetap cuek bebek.Gimana dengan kita nih? Apa respon kita selama ini terhadap apa yang dari Tuhan? Apa kita meresponi dengan baik atau malah negatif? Yuk, renungin sama-sama. Kalo denger firman Tuhan disampein atau ada janji Tuhan yang sampe ke kita, gimana respon kita? Cuek? Atau langsung bilang, “Ah, susah itu buat dilakuin… Gak mungkin ah itu terjadi… Masa iya sih?” de-el-el. Kita harus inget, respon yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga. Gitu juga sebaliknya, kalo kita punya respon yang negatif terhadap sesuatu, hasilnya juga akan negatif. So, pastiin mulai hari ini, stop berpikiran negatif en bersikap negatif ya, apalagi sama firman Tuhan.


2. Punya mental seorang pemenang

Sekarang, perhatiin ayat 48. Karakter kedua yang oke dari Bartimeus adalah dia punya mental yang gak mudah kalah. Kenapa? Karena meski banyak orang yang negor dia, tapi dia milih tetep berteriak pada Yesus. Bayangin kalo Bartimeus bukan orang yang punya mentalitas pemenang. Dia bisa jadi langsung cemberut, bete, kesel, marah, trus berhenti berseru waktu orang-orang negor dia, “Diam! Kamu berisik!”. Bisa juga dia berpikir, “Oh, ya udah deh kalo gitu… lain kali aja lagi…” Dan kalo dia saat itu milih untuk mundur, dia juga gak akan lihat miracle dalam kehidupannya.Apakah kita punya mental seorang pemenang? Dia gak mudah nyerah sama keadaan en gak gampang putus asa, juga gak gampang tersinggung, marah, dan sakit hati. Keadaan bisa negatif, tapi itu gak akan menggoyahkan atau menghentikan orang yang punya mental pemenang. Sebaliknya, kalo ada yang gara-gara ngadepin masalah di gerejanya, trus tersinggung, trus dia ‘lari’ ke gereja lain (pindah), itu contoh dari orang yang punya mental pecundang. Memang untuk punya mental pemenang itu gak sekali jadi lho. Kita akan ‘dibenturkan’ sana-sini supaya terasah. Tapi kalo kita mau ngejalaninnya, karakter seorang pemenang itu bakal terbentuk. Dan kalo kita milih untuk jadi orang yang bermental pemenang, dampak kita ke sekitar juga akan positif lho. Tapi kalo kitanya sendiri masih punya mental pecundang, efeknya ke orang lain juga akan begitu.


3. Melepaskan manusia lama

Perhatiin ayat 49-50. Di sini kita ngeliat setelah Bartimeus berseru-seru pada Yesus, Yesus pun menanggapi seruannya. Dan waktu ada orang yang bilang ke Bartimeus supaya dia menguatkan hatinya untuk datang pada Yesus, Bartimeus ngelepasin jubahnya. Apa coba itu maknanya? Nanggalin jubah di sini artinya milih untuk ngelepasin manusia lama kita. Coba bayangin, berapa lama jubahnya itu dia pake untuk ngemis dan minta-minta? Baunya pasti bukan main deh. Nah, kehidupan lama dan dosa itu juga ‘bau’nya bukan main. Dan kalo kita bener-bener mau datang sama Tuhan, kita harus mau untuk nanggalin semua kehidupan lama kita. Komitmen untuk mau jadi manusia yang baru.Yesus gak bangga lho kalo kita bisa berdoa dan orang sakit sembuh, atau kita bisa mimpin pujian dengan suara emas, bahkan Dia gak bangga kalo kita doain orang mati dan orang itu bangkit lagi. Ooopppsss, pernyataan itu mungkin bikin kita kaget yah?! Tapi inget dong sama apa yang Yesus bilang di Matius 7:21, bahwa bukan orang yang berseru-seru “Tuhan, Tuhan!” yang akan masuk Kerajaan Sorga, tapi orang yang ngelakuin kehendak Bapa. Apa sih kehendak Bapa? Hidup dalam kebenaran dan ini bicara gaya hidup. Itu yang buat Tuhan seneng. Tapi banyak lho yang ngaku ‘melayani’ Tuhan tapi hidupnya sehari-hari gak bener, tetep bermain-main dengan dosa dan kompromi. Masa Tuhan senang dengan yang seperti itu? Gak, kan?! Tapi bayangin, kalo kita udah melayani Tuhan dengan doa, pujian, dsb terus kelakuan kita sehari-hari juga bener dan kudus.. wah itu pasti nyenengin Tuhan coz kualitas yang kayak itu yang Dia cari. Bisa gitu hidup radikal dan kudus di mana pun? Bisa dong! Kan ada Roh Kudus! Yang penting kita mau ‘bayar harganya’. Sangkal diri, salibin kedagingan, tinggalin dosa, tinggalin masa lalu, lepasin pengampunan buat orang yang nyakitin kita, hampiri Tuhan dan bersekutu dengan-Nya. Inget yah sama-sama kalo yang ngubahin kita tuh bukan kita rajin datang ke gereja atau ga-nya, tapi ketemu sama Tuhannya. Kalo ketemu sama Pribadi Tuhan, hidup kita pasti berubah! (erl, sumber Ps. Felly Anandayu - GFresh)

Tidak ada komentar: