Rabu, 02 Januari 2008

EFEK TERTAWA


Kapan terakhir kali Anda tertawa? Kapan terakhir kali Anda merasa senang dan menghadapi hidup ini dengan tawa? Bisa jadi setiap kita tahu bahwa tertawa itu sehat, tetapi seberapa sering kita tertawa? Tertawa sangat bermanfaat bagi setiap kita, untuk itu berikut beberapa kebenaran tentang tertawa yang perlu kita ingat ketika kita sedih atau kita murung.


1. Tertawa adalah obat yang paling manjur, namun banyak diantara kita yang telah terjebak dalam berbagai aktifitas dan rutinitas hingga kita lupa bagaimana tertawa. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang (Amsal 17:22).


2. Tertawa adalah sebuah ekspresi emosi. Riset menunjukkan bahwa orang yang sering tertawa cenderung lebih sehat mentalnya dibanding mereka yang jarang tertawa. Orang yang memiliki "sense of humor " yang tinggi lebih tahan terhadap tekanan dan perasaan kuatir. Sementara orang dengan "sense of humor" yang lebih rendah lebih mudah tertekan dan kuatir. Jika Anda tidak siap untuk mentertawai diri sendiri, Anda juga tidak siap menghadapi stress di tempat kerja Anda. Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. (Amsal 31:25). Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat (Amsal 15:13).


3. Tertawa membuat seseorang merasa dirinya menyenangkan. Tertawa juga membuat seseorang merasa santai, mengurangi rasa malu dan mengurangi perasaan tertekan. Tertawa secara medis, juga merangsang bentuk "endorphin", sel dalam otak yang berfungsi untuk membunuh rasa sakit.


4. Riset juga menunjukkan bahwa tertawa dapat membuat seseorang berpikir lebih kreatif. Tertawa membantu seseorang untuk berani berpikir "keluar" jalur, sehingga menimbulkan pemikiran yang kreatif dan inovatif.


5. Riset lainnya menunjukkan bahwa 1 menit tertawa hasilnya sama dengan 40 menit relaksasi dan 100 menit tertawa setiap harinya setara dengan 10 menit joging.“Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka.” (Mazmur 2:4)Kalau Allah saja tertawa maka tertawa yang "sehat" itu pasti baik dan rohani !Disadur dari : Laughter, The essensial skill

Tidak ada komentar: