Rabu, 09 April 2008

NEXT GENERATION

Ada 3 poin penting tentang perjalanan sebuah generasi yang diawali oleh kebangunan rohani anak muda. Dan kalau kita perhatikan tentang sebuah stasiun TV Amerika yang berbasis anak muda MTV, mereka pernah membuat suatu pernyataan “ Kami tidak mempengaruhi anak muda tetapi kami memiliki anak muda”, dan memang MTV telah menciptakan sebuah generasi bernama Generasi MTV. Apa ciri2nya: salah satu cirri utamanya ialah mereka tidak berpikir panjang dalam bertindak. Bagaimana dengan gereja? Bagaimana cara melawan generasi macam ini? Setidaknya kita memiliki 3 poin penting yang bersasal dari perjalanan 3 anak muda yang dipakai Tuhan :

Yusuf ( Proses dan Impian)
Apa yang membuat Yusuf kuat menghadapi proses Tuhan dalam kehidupannya? Impian! Karena impiannya bahwa semua manusia akan sujud menyembah dialah maka dia menghadapi setiap proses dengan ketaatan. Mulai dari dibenci saudaranya, dimasukkan sumur, menjadi budak, dan dipenjara. Semuanya Yusuf melaluinya dengan ketaatan. Generasi MTV tidak menyukai proses, mereka lebih menyukai jalan pintas yang membuat mereka nyaman dan tidak usah berpikir berat. Anak Tuhan saatnya menciptakan sebuah generasi baru yaitu generasi tahan banting, menyukai proses, dan taat dalam melangkah.

Daud ( Keberanian)
Memiliki impian tanpa keberanian untuk mencapainya akan membuat kita menjadi orang yang hanya mimpi di siang bolong. Daud adalah salah satu anak muda yang dipakai Tuhan pada usia 17 tahun sama seperti Yusuf, merupakan contoh anak muda yang berani mengambil resiko, bahkan Tuhan berkata bahwa Daud adalah anak muda yang melakukan kehendakNya pada generasinya. Bayangkan, mengapa Salomo menjadi raja dengan kedamaian? Karena semua musuh Israel telah dikalahkan oleh Daud pada jamannya.

Daniel ( Kualitas)
Hal ketiga yang harus dimiliki yaitu kualitas. Kalau kita digereja dalam menyembah Tuhan, kita selalu diajak untuk menikmati hadirat Tuhan dan sedikit ‘greng’ alias merinding dalam hadirat tuhan. Kalau belum merinding kita nyanyi lebih keras dengan music yang ‘sangar’. Tetapi itu nggak membawa dampak apapun dalam hidup kita. Tau nggak, apa artinya Glory atau kemuliaan? Dalam bahasa aslinya kata glory diterjemahkan dengan dua kata : Kabot ( Bobot) dan Doksa (Kualitas), kedua-duanya memiliki pengertian yang sama yaitu berkualitas. Artinya, ketika kita berada di dalam gedung gereja, kita harus bisa menikmati hadirat Tuhan dan memancarkan kemuliaan Tuhan yaitu kualitas kidup sama seperti Daniel yang dipakai dalam 4 pemerintahan karena memang dia berkualitas.

Tidak ada komentar: