Jumat, 21 Maret 2008

IDE CEMERLANG DAN IDE SURAM


Dalam buku berjudul Made To Stick: Why Some Ideas Survive and Others Die, Chip Heath dan Dan Heath mengemukakan pemikiran mereka mengenai mengapa suatu ide bisa berhasil sedangkan ide-ide lain gagal. Ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kepemimpinan, ataupun dalam usaha. Secara singkat, ide mereka adalah sebagai berikut:
Prinsip 1: SimplicityInteresting isn’t it. Simple and yet profound Bagaimana seorang pemimpin menyampaikan visi dan misinya kepada orang lain. Mungkin kepada anak 8 tahun? Pastilah harus simple.
Prinsip 2: UnexpectednessInteresting again. Tak terduga tapi menimbulkan ketertarikan. Be creative.
Prinsip 3: ConcretenessTopik yang dibawakan tidak ambigu, jelas dan to the point sehingga pendengar mengerti.
Prinsip 4: CredibilityIde-ide dan pemikiran kreatif juga perlu bukti untuk membuatnya menjadi konkrit (ide prinsip ke 3). Bisa dengan mempraktekkannya sendiri atau dengan cara lain untuk membentuk kredibilitas.
Prinsip 5: EmotionsHmmm… saya agak kurang setuju dengan prinsip ini. Bagi saya membagikan visi tidaklah sama dengan memanipulasi orang lain dengan emosi.
Prinsip 6: StoriesSeni bercerita bisa sangat bermanfaat untuk menyampaikan ide. Bisa cerita-cerita tentang visi, hidup yang diubahkan, kisah sukses, ataupun kisah-kisah lainnya. Cerita bisa membantu penyampaian ide dengan cara yang bermakna

Tidak ada komentar: