Jumat, 21 Maret 2008

MENANG ATAS PENCOBAAN



Oscar Wilde, seorang penulis dari Irish, pernah membuat satu pernyataan, “I can withstand anything except temptation” yang artinya “saya bisa menanggung apapun kecuali pencobaan”. Sejak jaman Adam sampai saat ini permasalahan utama yang kita hadapi adalah temptation, yang dalam bahasa Yunani-nya adalah “peirasmos“, yang mana kadang diterjemahkan sebagai “trials” dan kadang “temptations“. Bedanya kira-kira seperti ini, trial atau ujian adalah situasi yang saat kita menang dapat membuat kita bertumbuh sedangkan temptation atau godaan digunakan oleh iblis untuk membuat kita jatuh dalam dosa. Memang sulit membedakannya, tapi kita bisa menghadapinya.
Ada beberapa tips untuk menang atas pencobaan:


1. Be Realistic

Hadapi kenyataan bahwa semua orang bisa dicobai. Tidak ada orang yang selalu aman dari pencobaan selama hidupnya. Namun yakinlah setiap kita bisa menghadapi pencobaan itu, karena pencobaan itu tidak melebihi kekuatan kita. (1 Korintus 10:13)


2. Be Responsible

Ada pencobaan bukan berarti kita pasti jatuh dalam dosa, tetapi menyerah pada pencobaan adalah dosa. Ambil tanggung jawab kita masing-masing, jangan menyalahkan Tuhan atau orang lain saat kita tergoda, karena Tuhan tidak pernah mencobai kita (Yakobus 1:13), dan kita tergoda karena keinginan daging kita (Yakobus 1:14).


3. Be Ready

Persiapkan dirimu!! Pencobaan bisa datang sewaktu-waktu. Untuk itu kenakan selalu selengkap senjata Allah supaya kamu dapat bertahan (Efesus 6:11). Bersiaplah dan berjaga-jagalah supaya kamu tidak jatuh dalam pencobaan (Mat 26:41).


4. Be Refocused

Saat pencobaan datang dan mulai masuk kedalam pikiran kita, cara melawannya adalah dengan mengalihkan pikiran kita. Jangan terus melihat, mendengar ataupun memperhatikan sesuatu yang mencobai kita. Pindahkan pandanganmu, tutup telingamu, ganti pikiranmu. Salah satu yang terbaik adalah memikirkan Firman Tuhan, yang benar, yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis, yang sedap didengar, yang disebut kebajikan dan layak dipuji (Filipi 4:8).


Jadi mari kita bersiap diri agar kita bisa menang atas pencobaan saat pencobaan itu datang.

Tidak ada komentar: