Selasa, 11 Maret 2008

KUNCI SUKSES ENTREPRENEUR


Kedewasaan seorang entrepreneur amat ditentukan oleh sebarapa tegar ia menghadapi tantangan-tantangan yang datang. Ia tak mudah putus asa meski jatuh berkali-kali. Ketika jatuh, ia segera berdiri dan melihat masalah yang dihadapinya sebagai jalan menuju kesuksesan berikutnya. Risiko baginya adalah bibit kesuksesan bukan musibah.
Dalam menghadapi berbagai risiko, seorang entrepreneur unggulan harus memiliki sejumlah tips sehingga ia lebih mudah merefleksikan risiko di depan mata guna mencari jalan keluarnya. Salah satu tips menjadi entrepreneur unggulan dicetuskan oleh dari pakar manajemen bisnis, Dr. Rhenald Kasali. Menurutnya, ada 5 prinsip penting yang harus dipegang agar seseorang entrepreneur bisa sukses berwirausaha, yaitu:
1. Reputasi

Senantiasa menjaga reputasi (nama baik). Hal ini amat penting sebab tanpa nama baik tidak mungkin kita mendapatkan kepercayaan orang. Tidak ada kepercayaan, tidak ada bisnis.
2. Tumbuh dari bawah.

Sukses tidak mungkin dicapai dalam semalam. Sukses senantiasa dimulai dengan langkah kecil bahkan dari nol. Tentu titik nol bagi setiap orang tidaklah sama. Sebagai contoh, jika kita pernah kuliah atau bekerja maka setidaknya kita sudah punya jaringan dan pengetahuan dasar atau paling tidak cara berpikir yang lebih maju dibandingkan mereka yang belum pernah kuliah atau kerja.
3. Konsentrasi.

Jika kita telah memutuskan untuk masuk ke bidang tertentu maka kita harus fokus dan berkonsentrasi. Jangan satu belum beres, sudah mau memulai bidang yang lainnya. Konsentrasi juga menuntut ketekunan kita. Percayalah, di dunia ini tidak ada yang bisa mengalahkan ketekunan. Jangan mudah putus asa!
4. Anti kerumunan.

Tidak terjun ke tempat atau bidang yang telah banyak dimasuki orang (bukan pengikut) kecuali mampu memberikan nilai lebih yang membedakan kita dengan pemain sebelumnya. Misalnya kualitas produk yang lebih baik dan lebih murah dari pesaing. Maka alangkah baiknya jika kita memulai sebuah bisnis bukan dengan motivasi latah atau sekadar ikut-ikutan saja. Ciptakan sesuatu yang berbeda!
5. Modal hanya pelengkap.

Hampir semua orang yang saya temui menyatakan mereka sebenarnya ingin berwirausaha hanya saja ada kendala modal uang. Mereka berpikir untuk memulai suatu usaha harus ada modal besar, berbentuk PT, punya kantor, sekretaris, dsb. Padahal kita bisa mulai dengan modal sangat kecil atau mengajukan pinjaman ke pihak lain (bank, kenalan atau saudara). Jika cerdas, kita bisa memulai suatu usaha tanpa modal uang sama sekali. Misalnya dengan sistem titip jual (konsinyasi).
Selanjutnya, untuk memulai suatu usaha ada tips menarik dari Purdi Chandra, entrepreneur sukses yang juga pemilik Primagama Group. Menurutnya, kunci sukses seorang entrepreneur terletak pada keberanian untuk memulai usaha. Mengambil langkah pertama (first step)! Sikap ini oleh Purdi dinamakan Entre-Q (entrepreneur qoutient). Tentu bukan asal berani tapi keberanian yang penuh optimisme. Purdi mengatakan, banyak orang di negeri ini yang kaya ide tapi miskin keberanian. Ya, akhirnya mereka tak pernah jadi kaya. Hanya hidup di alam mimpi.

from : Paulus Winarto adalah pemegang 2 Rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni sebagai pembicara seminar yang pertama kali berbicara dalam seminar di angkasa dan penulis buku yang pertama kali bukunya diluncurkan di angkasa. Sejumlah bukunya masuk dalam kategori best seller, antara lain: FIRST STEP TO BE AN ENTREPRENEUR, TOP SECRETS OF SUCCESS, REACH YOUR MAXIMUM POTENTIAL, BE STRONG, MELANGKAH MAJU DI MASA SULIT dan HIDUP YANG BERBUAH. Trainer yang banyak menimbah ilmu kepemimpinan dari Dr. John C. Maxwell ini, oleh guru marketing Hermawan Kartajaya dijuluki sebagai ”manusia kompleks”.

Tidak ada komentar: