Rabu, 27 Mei 2009

DARI KEKOSONGAN PADA KELIMPAHAN

Perkataan yang paling penting dalam tahun ini adalah favor, atau yang gampang dimengerti untuk diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ‘favorit’. Kalau kita mem-favoritkan seseorang, maka kita akan melimpahkan segala sesuatu kepada yang di-favorit-i itu. Favor adalah keinginan untuk memberi, mempromosi, keinginan untuk membuat hidupnya mudah, keinginan untuk membuat lebih baik.
Angka 5 dalam tahun tahun 2005 ini adalah angka favor, grace (anugerah). Favor of God dan favor of man (favoritnya Allah dan manusia). Favor itu mencangkup kebaikan, kemurahan dan anugerah.
Kita melihat dalam Rut 1:1-5 ada satu keluarga yang mengalami tragedi. Ada seorang yang bernama Elimelek, artinya ‘Allahku adalah Raja’. Elimelek tinggal di Betlehem, artinya the house of bread (rumah roti). Rumah Tuhan adalah rumah makanan bagi jiwa, roh dan tubuh kita. Ephrata (Efrata) artinya double fruitfulness, berubah berlipat ganda. Rencana Allah dalam hidup kita adalah berbuah bagi Tuhan, bukan sekedar ada, sekedar hidup dan bernafas. Elimelek nama istrinya Naomi artinya pleasant (menyenangkan), menyenangkan itu rencana Allah buat kita. Eden artinya menyenangkan. Ketika Elimelek pindah ke Moab, dia tidak bertanya kepada Tuhan,tidak konsultasi dengan hamba Tuhan. Sebagai orang rohani, dalam mengambil keputusan kita perlu tuntunan Roh kudus yang tinggal dalam roh kita. Kita melihat di sini kisah Elimelek tragis. Elimelek mati, bahkan kedua putranya mati. Naomi kehilangan semuanya, Naomi berakhir dengan kedua menantunya. Ketika kita dalam kesulitan, jangan bergaul dengan orang yang salah. Dengan siapa kita bergaul menentukan masah depan kita, bergaullah dengan orang yang takut akan Tuhan, bergaullah dengan orang-orang positif. Itulah sebabnya siapa menabur angin dia akan menuai angin puting beliung.
Pasal 1:6 Berkemaslah ia dengan kedua menantunya… Mesir adalah gambaran dari teritorial kegagalan, Kanaan adalah gambaran teritorial kesuksesan. Oleh karena itu janganlah kita menjauh dari Tuhan pada saat kita mengalami kesulitan.

Ada 4 poin menuju kesuksesan.

Pasal 1- be decisive! ambillah keputusan
Banyak orang tidak bisa ambil keputusan untuk menikah dengan siapa, kerja di mana. Rut mengambil keputusan terakhir. (Rut 1:16-17) “bangsamu adalah bangsaku, Tuhanmu adalah Tuhanku…” Banyak orang saat-saat ini menjual Yesus dengan hal-hal dunia yang semu semata. Naomi yang dalam keadaan pahit, gagal, hampa, kosong tidak punya apa-apa bahkan minus ini adalah jembatan emas bagi Rut. Apakah artinya sukses? Sukses adalah menjalankan tugas yang Tuhan berikan dan menyelesaikannya. Pasal 1:19-22, kalau kita bersungut-sungut kita akan menuai semak duri, karena itu taburlah yang baik.

Pasal 2- be diligent! Rajin
Banyak orang tidak diberkati karena malas (ayat 1). Kaya raya artinya keberkatan. Gibor berarti gagah perkasa. Arti lain dari nama Boas yaitu cepat, tangkas, kuat, trampil, bukan saja dalam keuangan tapi juga pengaruh. Di waktu semua orang tidak berani menabur, Boas menabur. Itulah kelebihan pengusaha dengan orang biasa. Orang biasa takut tapi seorang pengusaha berani mengambil resiko. Rut berkata kepada Naomi, “biarkan aku pergi ke ladang memungut buli-buli jelai di belakang orang yang murah hati.”
Orang yang rajin tangkas pasti menerima berkat. Rut punya tenaga, kesehatan.

Pasal 3 – be submissive! Tundukkan dirimu
Ada satu hal yang menjamin kita tinggal di tanah yang gundul, yaitu apabila kita menjadi pemberontak tidak mau tunduk. Itu roh daripada setan, tapi Roh daripada kkristus adalah menundukkan diri, dan Roh itu diberikan pada kita. Boas harus menikahi Rut, dan ini adalah teladan yang baik. Boas jadi penebus bagi Rut. .Rut bukan saja rajin, tunduk, tidak undur dan berlindung di bawah Elshadai, Rut adalah orang yang submissive (Rut 4:3-4). Ini adalah kunci kunci yang luar biasa bagi orang yang diurapi Tuhan. Dia pasti tahu aturan, dia mengerti order. Mungkin engkau tidak dapat menyelesaikan masalahmu tapi jika engkau berada di bawah favor of God engkau akan mengalami hal yang luar biasa. Pengurapan datang dari atas. Jika pemimpinmu diberkati maka engkau juga di berkati. Rahasia hidup adalah melayani. Putra dari Rut dan Boas adalah Obet artinya melayani; Rut artinya “friendship”, persahabatan. Orang tidak akan berhasil tanpa persahabatan.

Pasal 4 – be a blessing!
Ayat 13, Boas mengambil Rut menjadi istrinya, maka atas kasih karunia TUhan, perempuan itu mengandung. Suami Rut yang dahulu namanya Maklon, artinya sakit-sakitan, dan suaminya yang sekarang Boas, artinya kuat. Pada waktu Rut masih bersama Maklon, Rut mandul. Kalau ada hal-hal yang mandul dalam diri kita mungkin financial atau apapun, Tuhan membuat engkau mengandung, berbuah-buah berlipat ganda (Pas 2:17;3:12). Dia beri yang terbaik karena kita biji mata-Nya. Ibu dari Boas adalah Rahab, seorang pelacur. Masa lalu kita tidak mempengaruhi masa depan kita.
Musim baru telah tiba, musim menuai jelai sudah tiba. Apapun yang terjadi kita tetap bersorak-sorai. Promosi telah tiba, pelipatgandaan terjadi bagi kita. Oleh sebab itu jadilah favor of God dan favor of man.
Pkh 9:10
Segala sesuatu yang di jumpai tanganmu untuk di kerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga,karma tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, kemana engkau akan pergi.

Tidak ada komentar: